Kamis, 10 Juli 2014

7 Desain Rumah Paling Unik di Dunia.

Rumah tinggal adalah tempat bernaung kita untuk berlindung dari segala gangguan cuaca serta berfungsi sebagai tempat kita beristirahat dan beraktifitas sehari-hari. Berbagai bentuk dan jenis rumah tinggal pun semakin bervariasi yang tergantung budaya dan tradisi setempat. Namun, kadang ada juga bangunan rumah yang memiliki keunikan karena bentuk bangunannya yang berbeda dengan yang biasanya. Dan berikut adalah ketujuh bangunan rumah dengan desain paling unik di dunia.


 1. Crooked House ( Rumah bengkok )  Polandia.


Rumah bengkok

Bentuk dan desain bangunan yang melengkung, menjadikan rumah ini sebagai salah satu bangunan unik yang terdapat di dunia.  Bangunan yang selesai dibangun pada 2004 ini, terletak di Jalan Monte Cassino di Sopot, Polandia. Desain bangunannya sendiri dilakukan oleh Szotynscy & Zaleski yang terinspirasi dari cerita dongeng. Bangunan ini kini digunakan sebagai restoran, cafe dan toko.

 2. Stone House ( Rumah batu ) Portugal

 Rumah batu di portugal

Rumah batu ini berlokasi di Pegunungan Fafe di Portugal. terinspirasi oleh film kartun Flinstone, rumah unik ini dibangun antara dua batu raksasa. Seperti kebanyakan rumah kontemporer, bangunan ini juga memiliki pintu depan, atap dan jendela dengan diapit oleh batu raksasa yang memberi nuansa pra-sejarah.

 3. Shoe House ( Rumah sepatu ) Afrika Selatan.

 Rumah sepatu

Rumah sepatu yang berlokasi di Mpumalanga, Afrika Selatan ini dibangun oleh seorang seniman dan pengusaha, Ron Van Zyl, yang pada awalnya dibangun untuk istri tercintanya pada tahun 1990.Sekarang bangunan ini menjadi bagian dari komplek wisata di Afrika Selatan yang termasuk didalamya adalah restoran, delapan kamar guest house, kolam renang dan taman.

4. Cubic house ( Rumah kubik ) Belanda.

 Rumah kubik

Rumah kubik adalah kawasan perumahan inovatif yang dibangun di Rotterdam dan Helmond di Belanda. Dirancang oleh arsitek Piet Blom berdasarkan konsep “living as urban roof” yaitu yang disesuaikan dengan kondisi perkotaan yang padat.

5. Ketel house ( Rumah ketel ) Texas,

 Rumah ketel

Selama lebih dari setengah abad banyak rumor, mitos dan kisah-kisah dibalik bangunan rumah yang berbentuk seperti ketel ini. Rumah ketel yang terletak di 1410 Mirimar Drive, Galveston, Texas ini telah berada sejak tahun 1950-an, dan hebatnya lagi bangunan ini telah beberapa kali selamat dari amukan topan dan badai yang beberapa kali menerpa daerah ini selama lebih dari 50 tahun.

 6. Dome house ( Rumah Dome ) Yogyakarta, Indonesia.

 Rumah dome di yogya

Rumah dome terletak di dusun Nglepen, Desa Sumberharjo Prambanan, Sleman Yogyakarta. Rumah unik ini merupakan bantuan dari NGO ketika Yogya ditimpa musibah gempa bumi. Di wilayah ini terdapat 80 bangunan dengan desain rumah dome yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti musholla, rumah sakit dan balai desa. Bangunan ini juga diyakini merupakan bangunan tahan gempa pertama di Indonesia, selain itu mampu menahan terpaan angin hingga berkecepatan 450km/jam.

7. COB house ( Rumah cob ) Canada

 Rumah cob

Rumah yang dibangun dengan menggunakan bahan alami dari tanah liat, pasir dan air ini memang cukup unik. Pembuatannya menjadi inspirasi banyak orang yang ingin membangun rumah tinggal sederhana yang dengan bahan alami. COb house banyak ditemukan di wilayah Vancouver, Canada dan uniknya banyak warga setempat yang masih menggunakan rumah berbahan lumpur ini. 

SUMBER :  http://simomot.com/










0 pendapat dan komentar:

Posting Komentar

Berikan KOMENTAR dengan bahasa yang Sopan dan Tidak Menyinggung Siapapun

Blogger templates

About

Batman Begins - Help Select